Monday 6 June 2016

Pulau Berhala, Pulau kontroversial yang menjadi rebutan

Pulau kontroversial. ada 2 hal yang menyebabkan pulau ini dijuluki pulau kontroversial:
1. ada 2 nama pulau berhala di Indonesia, yaitu di Sumatera Utara dan di Kepri
2. sebelum tahun 2013, pulau berhala merupakan bagian dari wilayah provinsi Jambi. 

Tapi hal tersebut tidaklah begitu penting dibandingkan dengan kecantikan pulau itu sendiri. Dengan ukuran yang tidak begitu luas..pulau ini serasa pulau pribadi. Pasir pantai yang putih, ombak yang membuai, terumbu karang yang alami, serta batu batu besar yang melengkapi keindahan Pulau Berhala.

Kembarnya Pulau Belitung. karena banyaknya batu batu besar yang terdapat di sekitar pulau sehingga mirip dengan pulau Belitung. bahkan di tengah laut ga jauh dari bibir pantai terdapat beberapa buah batu besar yang terlihat unik sekali. bahkan ada beberapa pulau tak berpenghuni yang 90%nya terdiri dari  batu batu besar. 

Walau kini Pulau Berhala merupakan milik provinsi Kepri, pengunjung mayoritasnya adalah berasal dari jambi. karena secara geographis, letaknya sangat dekat dari provinsi jambi. Yaitu, 4 jam dari ibukota provinsi Jambi. dengan melakukan perjalanan darat sekitar 3jam   menuju Nipah Panjang dilanjutkan dengan kapal sekitar 1 jam. 




Terdapat 2 dermaga di pulau ini, yang pertama adalah dermaga yang dibuat oleh pemerintah Jambi dan yang kedua dibuat oleh pemerintah Kepri. Yang tampak pada gambar merupakan dermaga yang dibuat oleh pemerintah Jambi, kondisinya sudah tidak layak pakai karena hanya tinggal rangka saja.


Di Pulau ini masih tersisa penduduk asli Jambi yaitu Pak Edi. Beliau yang mengelola sebagian besar pulau Berhala untuk dijadikan tempat tujuan wisata Jambi. Seperti kapal, penginapan, dan makanan dapat dipesan melalui Pak Edi. 

No comments:

Post a Comment